Wahid Hasyim International Conference on Advanced Phamaceutical Science and The 7th Annual Symposium of Indonesian Society for Cancer Chemoprevention

56img-20161109-wa0006Wahid Hasyim International Conference on Advanced Phamaceutical Science (WHICAPS) merupakan seminar Internasional dan rapat tahunan Indonesian Society for Cancer Chemoprevention (ISCC) yang bekerja sama antara Universitas Wahid Hasyim Semarang, Indonesian Society for Cancer Chemoprevention (ISCC), IAI, APTFI, BATAN dan Nara Institute of Science and Technology (NAIST Japan). Acara ini diselenggarakan pada tanggal 7-8 November 2016 di Patra Jasa Convention Semarang Hotel. Acara ini dihadiri dari berbagai perguruan tinggi maupun institusi, diantaranya Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Udayana, Universitas YARSI, Universitas Wahid Hasyim Semarang, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indosesia (LIPI), BATAN dan masih banyak lagi. Adapun speaker yang hadirkan dari luar negeri yaitu Prof. Hiroshi Itoh, Ph.D., Prof. Jun-ya Kato, Ph.D., sedangkan untuk pembicara dari dalam negeri seperti Prof. drg. Ferry Sandra, Ph.D., CIPM., Dr. Warsito Purwo Taruna, M.Eng, Prof Dr. dr. Agus Purwadianto, DFM, S.H., M.Si., Sp.F(K). dan Prof. Dr. Edy Meiyanto, M.Si., Apt.

Pelaksanaan seminar WHICAPS hari pertama berlangsung mulai pukul 08.30 WIB dengan diiringi pementasan tari dari mahasiswa Universitas Wahid Hasyim Semarang, dan dilanjutkan dengan acara pembukaan. Pada acara pembukaan dihadiri Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek DIKTI Prof. Intan Ahmad, Ph.D, Rektor Universitas Wahid Hasyim, Dekan Fakultas Farmasi Universitas Wahid Hasyim dan Ketua ISCC. Setelah acara pembukaan dilanjutkan keynote speaker oleh Prof. Intan Ahmad, Ph.D. dan dilanjutkan dengan speaker session 1 oleh Prof. Hiroshi Itoh, Ph.D tentang “Monoclonal Antibody Development for Cancer Immunotherapy” dan Prof. Jun-ya Kato, Ph.D tentang “Leukemic Cancer Therapy Based on Molecular Pathology”. Kedua speaker tersebut berasal dari NAIST Japan. Speaker session selanjutnya yaitu Prof. drg. Ferry Sandra, Ph.D., CIPM dari Prodia Group memaparkan presentasinya tentang “Stem Cell for Cancer Therapy”. Selanjutnya pemaparan materi dari speaker yaitu Prof. Dr. Dr. Agus Purwadianto, DFM., S.H., M.Si., Sp.F(K) tentang “Ethic, Legal and Safety Issue: Building the Construct of Productive Health Research in Legal Framework”. Hari pertama pun berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan oral presentation.

Kesuksesan pelaksanaan seminar WHICAPS di hari pertama, menambah semangat para peserta untuk mengikuti seminar WHICAPS di hari ke dua. Pelaksanaan seminar WHICAPS hari kedua berlangsung mulai pukul 08.00 WIB. Para peserta sudah mulai berdatangan dan mengantri untuk melakukan pendaftaran ulang di meja registrasi. Pada pukul 08.30 acara dimulai dengan pemaparan presentasi oleh Dr. Warsito Purwo Taruna, M.Eng. membahas tentang “Development of Theragnostic Technologies Based on Electrostatic Molecular”. Dilanjutkan speaker selanjutnya oleh Ketua ISCC Prof. Dr. Edy Meiyanto, M.Si., Apt. tentang “Chemoterapeutic Potential of Curcumin Analogues Targeting on Hallmark of Cancer”. Setelah pemaparan semua speaker dilanjutkan Satellite Symposium dari BD Sciences membahas tentang “Application of Flow Cytometry for Advanced Cancer Research”.

Setelah pukul 12.00 WIB dilanjutkan dengan acara ISCC meeting yang berisi tentang pemaparan laporan tahunan ISCC dan perkembangan ISCC selama ini, dan diteruskan Forum group discussion (FGD). FGD pun telah selesai dilanjutkan dengan oral presentation dan dibagi menjadi 3 kelas. Pukul 17.00 WIB telah sampai dipenghujung acara seminar WHICAPS, yaitu award session and closing session. Acara penutupan seminar WHICAPS oleh Rektor Universitas Wahid Hasyim Semarang dan Ketua ISCC.

Segenap panitia dan ISCC mengucapkan terima kasih kepada peserta seminar WHICAPS yang telah berpartisipasi dan mensukseskan acara seminar WHICAPS. Semoga menambah pengetahuan dan wawasan bagi para peserta seminar WHICAPS. Sampai jumpa dalam International Conference tahun mendatang!

Author: admin

Indonesian Society for Cancer Chemoprevention (ISCC) Perkumpulan Kemoprevensi Kanker Indonesia (PAKKI)